Komunikasi Bisnis dalam Marketing Mix
Ilmu Komunikasi ternyata sangatlah luas, tidak hanya pada bidang sosial ataupun psikologi saja, namun juga merabah pada bidang bisnis. Ilmu komunikasi yang masih terbilang muda ternyata berkembang pesat seiring dengan media informasi yang menjamur dimana-mana. Teknologi Intenernet yang awalnya hanya digunakan pangkalan militer Amerika, kini sudah bisa dirasakan ditangan publik. Informasi makin luas, komunikasi makin mudah.
Kembali pad abidang Bisnis, utamanya adalah mendapatkan keuntungan dengan menjual produknya. Marketing menjadi poros utama untuk menjual barang. Makanya dibuatlah dengan sebutan Marketing Mix. Sebuah istilah yang digunakan untuk mendongkrak penjualan dengan baik. Didalamnya terdapat 4P yakni Product, Price, Place, & Promotion. Berikut saya jabarkan secara singkat:
Product, setiap bisnis pasti memiliki produk yang dijual, entah dalam bentuk jasa ataupun barang. Produk biasanya dibuat dengan berbagai spesifikasi yang sudah dicanangkan oleh tim produksi. Sebagai ahli komunikasi, produk sudah dibuat harus dikemas dengan bentuk dan kemasan informatif agar pembeli tertarik dan mengetahui produknya. Tugas seorang ahli komunikasi mencantumkan informasi yang lengkap dan mudah dimengerti oleh pembeli dengan cepat dan efektif.
contohnya: Teh Kotak yang dikemas dengan kemasan kardus Food Grade lengkap dengan komposisi dan berbagai atribut seperti logo, warna, daun teh, rasa, dan lainnya.Price, adapun produk yang sudah dibuat pasti menggunakan biaya dan perusahaan mencari untung untuk itu. Harga kini tidak lagi hanya sekedar mencari keuntungan, harga kini sudah dibuat dengan kelas-kelas yang berbeda. Seorang ahli komunikasi harus meneliti bagaimana sasaran produk ini dengan tingkat penghasilan tiap daerah dengan memperhitungkan ongkos kirim. Tujuannya agar harga yang tersampaikan akan sesuai dengan kelebihan yang didapatkan pembeli. Tugas tepatnya adalah agar pembeli tidak merasa rugi membeli produk tersebut.
contohnya: Sepatu Adidas yang menjual dengan harga diatas harga pasar untuk memberitahukan kelasnya dan kualitas untuk pembeli dengan tingkat penghasilan menengah ke atas.Place, selain produk dan harga, perusahaan juga perlu menentukan daerah distribusinya, apakah hanya lokal, nasional, atau bahakan internasional. Penentuan tempat ini juga menjadi sangat penting karena tidak semua produk dibuat fleksibel dengan tempat yang beraneka ragam. Sebagai ahli komunikasi, produk harus ditempatkan dan disesuaikan dengan budaya, sistem masyarakat, keadaan alam (cuaca), jumlah penduduk, dan mobilitas sosial. Mungkin produk bisa sama namun dikemas dengan bahasa, budaya, ataupun warna yang berbeda.
contohnya: Penjualan Ice Cream sebaiknya memilih daerah pantai atau dengan kondisi cuaca hangat, karena disanalah produk itu diperlukan. Lain hal kalau menjual di daerah dingin seperti puncak, tentu memerlukan makanan hangat yang terasa gurih dan menghangatkan tubuh.
Promotion, setelah produk dikemas, ditargetkan, dan ditempatkan pada posisi yang baik, langkah selanjutnya adalah strategi pasar yang baik. Strategi itulah yang disebut sebagai Branding Product yang harus dilakukan agar masyarakat mengetahui, percaya, dan menggunakan produknya. Hal ini lah yang disebut promosi, jadi promosi tidak hanya menjual barnag denagn murah dan berbagai diskon, bisa saja mengadakan event seperti konser musik, festival, atau bahkan dalam wujud kemasyarakatan. Semua itu kembali kepada produknya masing-masing untuk menarik pangsa pasarnya.
contohnya: Pameran handphone yang menjadi ajang berbagai provider dan distributor ponsel melakukan branding untuk menjual produknya. Banyak booth dibuat dengan masing-masing label mereknya. Akhirnya pembeli akan menjadi lebih mengerti dan membeli.
Sebagai ahli Komunikasi, Marketing Mix ini hanya pintu pembuka saja, masih banyak yang harus dilakukan lebih jauh. Masih banyak peranakan yang harus diperhatikan dengan lebih detail. Untuk itu dibuatlah Promotion Mix, yakni sebuah startegi lanjutan dalam ranah Ilmu Komunikasi, agar pesan dan produk dapat dijual dengan baik dan meraih keuntungan. Selengkapnya tentang Promotion Mix akan dijelaskan selengkapnya pada kesempatan lain.
referensi:
Diktat Kuliah S1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Literasi Umum:
Marketing Mix, Hermawan Kartajaya
Advertising That Make Money, Adji Watono
IMC that Sells. Adji Watono
Hargai penulis secara ilmiah dengan memasukkan:
Freddy Yakob. 2013. Komunikasi Bisnis dalam Marketing Mix.